Text
PENGARUH KINERJA PENGURUS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA SERTA IMPLIKASINYA PADA SISA HASIL USAHA DENGAN PARTISIPASI ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL MODERATING
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja pengurus dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota serta implikasinya pada sisa hasil usaha dengan partisipasi anggota sebagai variabel moderasi pada KPRI Bahtera Kencana Kota Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu dengan bentuk angka dan menggunakan analisis statistik. Sumber data adalah data primer menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KPRI Bahtera Kencana Kota Surabaya dengan sampel sebanyak 60 orang yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Analisis menggunakan teknik Partial Least Square-Structural Equation modeling (PLS-SEM) dengan software smartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja pengurus berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota 2) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota, 3) Kinerja pengurus tidak berpengaruh terhadap sisa hasil usaha, 4) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha, 5) kepuasan anggota berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha, 6) partisipasi anggota mampu memoderasi pengaruh kepuasan anggota terhadap sisa hasil usaha. Kinerja pengurus dan kualitas pelayanan koperasi dapat meningkatkan kepuasan anggota dan sisa hasil usaha, kepuasan anggota dapat meningkatkan sisa hasil usaha dimoderasi dengan partisipasi anggota.
Kata Kunci: kinerja pengurus, kualitas pelayanan, kepuasan anggota, sisa hasil usaha, partisipasi anggota
SA-22077 | SA22/077 Lab p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain