Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, SIZE DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara profitabilitas, leverage, size, dan umur perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responbility (CSR) pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2020.
Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan tujuan untuk memperoleh data sesuai dengan variabel penelitian dengan jenis data yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Berdasarkan kriteria untuk pemilihan sampel penelitian yang telah dibuat, maka diperoleh data penelitian sebanyak 81 pengamatan dari 27 sampel perusahaan selama 3 tahun pengamatan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu mengunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Assets (ROA) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, (2) Leverage yang diproksikan dengan Debt Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, (3) Size berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, (4) Umur Perusahan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Size, Umur Perusahaan, dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility
SA-22104 | SA22/104 Dew p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain