Text
PENGARUH PROFITABILITAS DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan pengungkapan coporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan dianggap sangat penting karena menggambarkan atau mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi tanggapan investor terhadap perusahaan. Dalam penelitian ini nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Tobin’s Q dan profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Equity (ROE). Nilai perusahaan sebagai variabel dependen sedangkan Corporate Social Responsibility (CSR) dan profitablitas sebagai variabel independen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu dengan melakukan pertimbangan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 34 perusahaan dari 56 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2017-2020. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. 2) Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Profitabilitas, Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan
SA-22116 | SA22/116 Lat p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain