Text
PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN, TARIF PAJAK, SANKSI, DAN PERSEPSI AKUNTABILITAS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Empiris Pada Kantor SAMSAT Surabaya Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris: (1) pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (2) pengaruh tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (3) pengaruh sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (4) pengaruh persepsi akuntabilitas terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor pada Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik accidental sampling, dengan jumlah pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer yang diperoleh langsung dari para responden melalui kuesioner dan data sekunder yang berupa data tunggakan wajib pajak dan data wajib pajak yang telah terdaftar pada Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan. Sedangkan metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 26.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Sosialisasi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (2) Tarif pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (3) Sanksi berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor; (4) Persepsi akuntabilitas berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.
Kata Kunci: Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, Sanksi dan Persepsi Akuntabilitas
SA-22120 | SA22/120 Mar p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain