Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PROPERTY AND REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Pada penelitian ini Corporate Social Responsibility (CSR) diukur menggunakan metode Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI), profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA), dan ukuran perusahaan diukur menggunakan Ln total asset, serta nilai perusahaan diukur menggunakan Price to Book Value (PBV).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan property and real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling diperoleh 12 perusahaan sampel dengan total pengamatan sebanyak 60 data laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dihitung dengan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 26.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena CSR belum mampu berkontribusi pada nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba dapat berpengaruh pada nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan karena skala perusahaan besar atau kecil yang tidak mampu mengelola asetnya dengan baik, maka tidak dapat berpengaruh pada nilai perusahaan.
Kata Kunci : corporate social responsibility, profitabilitas, ukuran perusahaan, nilai perusahaan.
SA-22143 | SA22/143 Eri p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain