Text
PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, SIZE, LEVERAGE TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility, size dan leverage terhadap profitabilitas. Dalam penelitian ini corporate social responsibility diukur menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI), size diukur menggunakan Logaritma Natural (Ln), leverage diukur menggunakan Debt to Equity Ratio (DER).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling, sehingga diperoleh sebanyak 22 sampel perusahaan dengan total pengamatan sebanyak 46 pengamatan. Data penelitian ini merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 23.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, (2) size berpengaruh positif terhadap profitabilitas, (3) leverage berpengaruh negative terhadap profitabilitas.
Kata Kunci: corporate social responsibility, size, leverage, profitabilitas.
SA-22145 | SA22/145 Ine p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain