Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen Kualitas Pelayanan dan Sanksi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 100 responden wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Surabaya Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik accidental sampling.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa jawaban dari kuesioner yang telah dibagikan kepada responden. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 26.
Hasil analisis menunjukkan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor hal ini menunjukkan bahwa petugas pajak telah meningkatkan kualitas pelayanannya secara menyeluruh agar wajib pajak merasa aman dan puas dengan pelayanan yang diberikan saat membayar pajak kendaraan bermotor. Sanksi Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor hal ini menunjukkan bahwa wajib pajak setuju jika sanksi diterapkan agar terbentuknya kedisiplinan guna menjalankan kewajiban untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Sanksi Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
SA-22170 | SA22/170 Zub p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain