Text
PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MEREK IPHONE (STUDI KASUS TERHADAP GENERASI Z KOTA SURABAYA)
Persaingan dalam industri smartphone sangat kompetitif dan semakin banyak diminati di Indonesia, khususnya Kota Surabaya. Semakin banyak merek smartphone yang muncul di pasaran, salah satunya adalah iPhone. Penjualan iPhone turun sebesar 8,2% pada kuartal pertama 2020 (Gartner, Inc 2020). Berdasarkan hasil riset Gartner pada kuartal pertama 2020 Apple Inc menjual sekitar 40,92 juta unit smartphone, mengalami penurunan sebanyak 3,7 juta unit dari 44,57 juta unit smartphone yang terjual pada kuartal pertama tahun 2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada pengguna iPhone.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan total sampel 100 responden. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi z di Kota Surabaya yang menggunakan iPhone. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner google form. Teknik analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, harga, dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada generasi z di Kota Surabaya.
Kata kunci: Citra Merek, Harga, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian
SM-22100 | SM22/100 Dya p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain