Text
PENGARUH PROACTIVE SERVICES, PEOPLE DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI SALAH SATU BANK SWASTA DI SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian mengenai pengaruh proactive service, people, dan physic evidence terhadap kepuasan nasabah. Proactive service diukur menggunakan kemampuan mengidentifikasi peluang yang ada, inisiatif, pengambilan tindakan, dan gigih untuk mencapai perubahan suasana. Untuk people dapat diukur menggunakan kesopanan, komunikatif, kompetensi dan selektif. Sedangkan physic evidence dapat diukur menggunakan tampilan luar, tampilan dalam dan wujud lain.
Jenis penelitian ini adalah peneltian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, dimana pengambilan sampel didasarkan pada karakteristik atau kriteria tertentu. Berdasarkan metode purposive sampling didapatkan sebanyak 92 responden dari total populasi nasabah sebanyak 1.076 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proactive service berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, people berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah, dan physic evidence berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah..
Kata Kunci : Proactive service, People, Physic Evidence, Kepuasan Nasabah
SM-22133 | SM22/133 Vik p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain