Text
ANALISIS EFEKTIVITAS DIGITAL SERVICE SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG SEPANJANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan digital service dan kondisi keberlangsungan usaha setelah dilakukan penerapan digital service pada PT. Pegadaian (Pesero) Cabang Sepanjang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan berbasis aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan bentuk transformasi digital yang dilakukan perusahaan dan telah memenuhi 7 dimensi efektivitas e-servqual yaitu efiseinsi, reliabilitas, fullfillment, daya tanggap, kontak, privasi, kompensasi. Penerapan layanan berbasis aplikasi PDS tidak berkontribusi untuk peningkatan jumlah nasabah perusahaan, namun berkontribusi untuk peningkatan jumlah pendapatan sehingga hal tersebut membawa manfaat untuk mempertahankan keberlangsungan usaha perusahaan.
Kata kunci: Pegadaian Digital Service (PDS), Jumlah Nasabah, Jumlah Pendapatan, Keberlangsungan Usaha
SA-22206 | SA22/206 Eva a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain