Text
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020)
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris: (1) pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (2) Corporate Social Responsibility dapat memperkuat pengaruh Profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah 12 perusahaan yang memiliki data terkait menganai variabel-variabel yang digunakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan tahunan, dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji Moderated Regression Analysis (MRA).
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) Corporate Social Responsibility (CSR) memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Corporate Social Responsibility
SA-22213 | SA22/213 Cat p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain