Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2018-2020
Underpricing adalah fenomena yang terjadi pada sebagian besar harga saham yang IPO di BEI. Underpricing dihindari oleh perusahan karena tidak memperoleh dana maksimal, di lain pihak para investor mengharapkan terjadinya underpricing agar memperoleh initial return yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya underpricing, diantaranya Profitabilitas di proksikan Return On Asset dan Return On Equity, Leverage diproksikan Debt To Equity Ratio, dan ukuran perusahaan.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 2018-2020 yang mengalami underpricing. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling melalui kriteria-kriteria tertentu sehingga didapatkan sebanyak 34 data pengamatan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 26.
Hasil pengujian dan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas di proksikan Return On Asset dan Return On Equity, Leverage di proksikan Debt To Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap underpricing. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap underpricing.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, dan Underpricing.
SA-22216 | SA22/216 Ind p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain