Text
PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AIR MINERAL PRIVATE LABEL PADA MINIMARKET INDOMARET (Studi Kasus : Indomaret Cabang Ploso Bogen)
Seiring dengan perkembangan zaman, ritel merupakan mata rantai yang sangat penting dalam pendistribusian suatu barang. Ritel juga menjadi saluran utama atau perantara pemasaran yang menghubungkan produsen utama dengan konsumen yang membeli dalam jumlah kecil atau dalam bentuk satuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk air mineral private label pada minimarket Indomaret.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan minimarket Indomaret Surabaya Cabang Ploso Bogen yang berjumlah 101 responden. Sumber data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden untuk memperoleh data primer. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis linier berganda yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel harga, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Uji F digunakan untuk menguji apakah penelitian ini layak atau tidak digunakan untuk penelitian.
Hasil dari uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perolehan signifikan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,790. Ini berarti bahwa 79,0% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh harga, kualitas produk dan citra merek.
Kata Kunci : Harga, Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian
SM-22181 | SM22/181 Rah p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain