Text
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DI KANTOR KECAMATAN RUNGKUT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari pelayanan dan
mengetahui bagaimana good governance dijalankan di Kecamatan Rungkut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik
mengumpulkan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala seksi
pemerintahan, dua orang pegawai dibidang pelayanan dan tiga orang pengguna
layanan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan di Kecamatan
Rungkut dalam melayani publik sudah baik. Hal ini terlihat dari dimensi tangible
terdiri dari aspek kenyamana dan saranan prasarana; reliability terdiri dari aspek
kecermatan dan stantar pelayanan yang jelas; responsiveness terdiri dari aspek
merespon setiap keluhan; assurance terdiri dari aspek jaminan biaya dan
keamanan; emphaty terdiri dari aspek mendahulukan kepentingan pemohon dan
sikap ramah kepada pengguna layanan. Namun ada beberapa aspek yang belum
berjalan sesuai keinginan masyarakat, antara lain yaitu aspek sarana prasarana
yang menunjukkan tidak adanya mesin antrean dan aspek merespon setiap
keluhan tidak adanya kotak saran pada ruang pelayanan. Hasil dari terwujudnya
good governance yakni terlaksananya prinsip transparansi, akuntabilitas,
responsivitas, partisipasi, efektif dan efisien, keadilan, berorintasi konsensus, visi
strategis, dan aturan hukum.
SA-22258 | SA22/258 Eva a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain