Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN INTERNET FINANCIAL REPORTING (IFR) TERHADAP REAKSI PASAR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, yakni menguji pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Berdasarkan permasalahan yang ada dalam penelitian, maka peneliti mengambil judul “Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Internet Financial Reporting (IFR) Terhadap Reaksi Pasar Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.”
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur periode tahun 2019-2021 di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 perusahaan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap reaksi pasar. Semakin efisien penggunaan aktiva perusahaan atau dengan kata lain dengan jumlah aktiva yang sama bisa dihasilkan laba yang lebih besar dan akan berdampak pada peningkatan minat investor untuk berinvestasi serta dapat meningkatkan reaksi pasar. Leverage berpengaruh positif terhadap reaksi pasar. Penyelesaian hutang perusahaan tersebut memberikan kepercayaan investor untuk berinvestasi serta dapat meningkatkan perdagangan saham perusahaan. Internet financial reporting berpengaruh positif terhadap reaksi pasar. Penggunaan Internet financial reporting bagi perusahaan juga salah satu indikator yang dapat menarik minat pasar.
SA-22278 | SA22/278 Rif p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain