Text
PERAN SISTEM PENGENDALIAN INTERN DALAM PELAYANAN PUBLIK SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI BAPENDA KABUPATEN MIMIKA
Penelitian ini dilakukan pada Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Mimika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran sistem pengendalian intern dalam pelayanan publik selama masa pendemi Covid-19.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan wawancara dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari 3 orang informan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran sistem pengendalian intern yang dinilai berdasarkan peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 melalui 5 unsur sistem pengendalian yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, dan pemantauan telah berperan dalam pelayanan publik yang diberikan oleh BAPENDA kabupaten Mimika selama masa pandemi. Hal ini terlihat melalui penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh BAPENDA kabupaten Mimika seperti pembatasan jam operasional pelayanan dan pemberlakukan WFH (Work From Home) dalam membatasi pertemuan tatap muka, pelayanan secara terbatas dengan langsung mendatangi wajib pajak, pelayanan secara Online agar memudahkan pelayanan, serta pengawasan yang selalu dilakukan kepala bidang dalam pelayanan-pelayanan yang dilakukan.
SA-22310 | SA22/310 Cal p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain