Text
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI WORD OF MOUTH PADA WAIKI DIMSUM CABANG GUBENG SURABAYA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian, social media marketing terhadap word of mouth, word of mouth terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung social media marketing terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth sebagai variabel intervening.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada konsumen yang melakukan keputusan pembelian di Waiki Dimsum cabang Gubeng Surabaya. Jumlah Sampel yang dihitung menggunakan rumus lameshow didapatkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang merupakan teknik pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara langsung acak. Pengumpulan data digunakan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square) dengan menggunakan instrumen pendukung yaitu Software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian pengaruh langsung menunjukkan bahwasannya social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, serta word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, hasil penelitian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwasannya word of mouth sebagai variabel intervening mampu memediasi pengaruh social media marketing terhadap keputusan pembelian secara positif dan signifikan.
SM-23054 | SM23/054 Rac p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain