Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility dan Size terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai variabel intervening pada perusahaan makanan dan minuman di BEI tahun 2018 – 2021.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan dengan menggunakan metode regresi berganda dan uji sobel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, artinya penerapan CSR tidak mempengaruhi tinggi rendahnya nilai perusahaan. Size berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, artinya aset yang besar mengakibatkan pembagian dividen akan semakin sedikit. Kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, artinya kesanggupan perusahaan dalam memperoleh laba dilihat dari besarnya kinerja keuangan perusahaan. CSR berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, artinya besarnya dana CSR yang dikeluarkan mengakibatkan penurunan kinerja keuangan perusahaan. Size berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan, artinya dengan tingginya aset tidak dapat memaksimalkan penjualan sehingga menyebabkan menurunnya laba. Kinerja keuangan tidak mampu memediasi CSR terhadap nilai perusahaan, artinya baik buruknya kinerja keuangan perusahaan tidak dipengaruhi oleh CSR. Kinerja keuangan mampu memediasi size terhadap nilai perusahaan, artinya besarnya ukuran perusahaan dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.
SA-23090 | A23/090 Lov p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain