Text
PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, PROFIBILITAS, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
Corporate Social Responsibility adalah suatu kegiatan yang dilakukan perusahaan atau dunia bisnis untuk menyalurkan bantuan secara ekonomi atau menyalurkan perhatian kepada masyarakat dan lingkungan. Tanggung jawab sosial sangat penting bagi perusahaan untuk membantu membangun image dan citra yang baik. Tujuan pada penelitihan ini adalah untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, profitabilitas, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2018-2021.
Jenis penelitihan ini adalah kuantitatif dengan variabel Kepemilikan Manajerial diukur dengan menggunakan rasio KM, Profitabilitas diukur menggunakan rasio ROE, Likuiditas diukur menggunakan rasio CR, dan Ukuran perusahaan diukur menggunakan rasio SIZE. Penelitihan ini menggunakan Corporate Social Responsibility Disclosure Index (CSRDI) dengan 91 item indikator berdasarkan GRI versi G-4. Teknik pengambilan sampel pada penelitihan ini menggunakan purposive sampling Dengan jumlah 64 perusahaan manufaktur selama 4 tahun dan memperoleh 256 sampel. metode analisis uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dan di uji asusmsi klasik menggunakan program aplikasi SPSS versi 26.
Hasil dari penelitihan ini yaitu semua variabel independent Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.
SA-23081 | A23/081 Apr p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain