Text
DAMPAK SOSIALISASI PADA PENGARUH DETERMINAN PEMAHAMAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak sosialisasi sebagai pemoderasi pada pengaruh determinan terhadap pemahaman UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK-EMKM di Kota Surabaya.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 40 responden dari kantor Dinas Koperasi Kota Surabaya. Metode analisis data menggunakan Moderated Regression Analysis menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap pemahaman UMKM, artinya tingkat pendidikan tidak bisa memastikan pelaku usaha paham SAK-EMKM. 2) lama usaha tidak berpengaruh terhadap pemahaman UMKM, artinya seberapa lama usaha berdiri bukan menjadi tolak ukur pelaku UMKM paham SAK-EMKM. 3) ukuran usaha berpengaruh positif terhadap pemahaman UMKM, artinya semakin besar usaha maka memerlukan standarisasi sehingga laporan keuangan dapat berkualitas. 4) sosialisasi tidak dapat memoderasi tingkat pendidikan terhadap pemahaman UMKM, artinya tidak semua pelaku UMKM mengetahui perbedaan tingkat pendidikan secara langsung. 5) sosialisasi tidak dapat memoderasi lama usaha terhadap pemahamn UMKM, artinya tidak semua pelaku UMKM mengetahui kejelasan lama usaha secara langsung. 6) sosialisasi berpengaruh positif terhadap pelaku UMKM, artinya ukuran usaha berpengaruh secara langsung.
Kata-kata kunci: Sosialisasi, Pemahaman, Tingkat Pendidikan, Lama, Ukuran.
SA-23142 | A23/142 Pup d | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain