Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, leverage, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Sampel yang didapatkan sejumlah 39 perusahaan dengan periode 2018-2021. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (a) ROA berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, hal tersebut menunjukkan bahwa semakin baik perusahaan dalam mengelola asetnya maka akan semakin meningkat laba yang akan dihasilkan sehingga investor akan tertarik untuk melakukan investasi pada perusahaan. (b) DER berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, semakin baik perusahaan dalam mengelola hutangnya yang dijamin dengan ekuitas maka semakin meningkat keuntungan yang diikuti oleh meningkatnya risiko perusahaan. (c) CSRDI berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, semakin peduli perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan kegiatan tersebut akan berdampak positif terhadap perusahaan dengan meningkatnya citra perbankan di investor.
Kata kunci: Nilai perusahaan, profitabilitas, leverage, Corporate Social Responsibility (CSR).
SA-23146 | A23/146 Rif p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain