Text
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, PERTUMBUHAN LABA DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN KOSMETIK DAN KEBUTUHAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, pertumbuhan laba dan likuiditas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan kosmetik dan kebutuhan rumah tangga yang telah terdaftar di bursa efek Indonesia pada periode 2016-2021. Pertumbuhan penjualan diukur menggunakan Net Sales Grow Ratio, pertumbuhan laba diukur menggunakan Net Profit Grow Ratio, likuiditas diukur menggunakan Current Ratio dan nilai perusahaan diukur menggunakan Price to Book Value.
Populasi yang digunakan pada penelitian ini perusahaan kosmetik dan kebutuhan rumah tangga dengan jumlah 7 perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan. Sampel yang digunakan diperoleh dengan menggunakan sampel jenuh. Berdasarkan dari metode sampel jenuh didapatkan 3 perusahaan kosmetik dan kebutuhan rumah tangga yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada tahun 2016-2021. Metode analisis yang digunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian statistik deskriptif menunjukan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan laba dan likiditas mendapatkan nilai rata-rata yang rendah. Hasil uji asumsi klasik menunjukan semua variabel memenuhi asumsi, juga hasil dari uji kelayakan model menunjukan model regresi layak untuk digunakan. Hasil uji hipotesis memunjukan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif tidak signifikan, pertumbuhan laba berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci : Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Laba, Lukuiditas, Nilai Perusahaan.
SM-23179 | M23/179 Oli p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain