Text
PENGARUH MEDIA EXPOSURE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media exposure, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap carbon emission disclosure. Perhitungan media exposure diukur dengan memberikan skor pada setiap item pengungkapan dengan skala dikotomi, profitabilitas diukur dengan Return on Assets (ROA), ukuran perusahaan diukur menggunakan Logaritma Natural dari total aset. Sedangkan carbon emission disclosure diukur menggunakan Carbon Emission Disclosure Checklist dengan memberikan skor pada setiap item pengungkapan dengan skala dikotomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang dapat digunakan adalah sebanyak 26 perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan periode 3 tahun, yaitu tahun 2019-2021, sehingga dapat diperoleh 78 data yang dapat diolah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan, annual report dan sustainability report. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media exposure berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Sedangkan profitabilitas dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.
Kata kunci: media exposure, profitabilias, ukuran perusahaan, carbon emission disclosure
SA-23184 | A23/184 Nad p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain