Text
PENGARUH PROFITABILITAS, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, Corporate Social Responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Perhitungan profitabilitas diukur dengan Return on Assets (ROA), Corporate Social Responsibility diukur dengan memberikan skor pada setiap item pengungkapan dengan skala dikotomi, ukuran perusahaan diukur menggunakan Logaritma Natural dari total aset. Sedangkan nilai perusahaan diukur menggunakan Price Book Value (PBV).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang dapat digunakan adalah sebanyak 9 perusahaan yang bergerak di sektor aneka industri. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan periode 4 tahun, yaitu tahun 2019-2021, sehingga dapat diperoleh 36 data yang dapat diolah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan, annual report dan sustainability report. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan
Kata kunci: profitabilias, Corporate Social Responsibility, ukuran perusahaan, nilai perusahaan
SA-23201 | A23/201Far p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain