Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan,
struktur modal, dan growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian
ini adalah perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) untuk periode 2019-2021. Variabel independen pada penelitian ini
terdiri dari ukuran perusahaan, struktur modal, dan growth opportunity. Sedangkan
variabel dependen pada penelitian ini adalah nilai perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pursposive sampling
sebagai teknik pengambilan sampel. Dengan menetapkan lima kriteria, maka
diperoleh sampel dengan total 24 perusahaan industri barang konsumsi untuk
periode tiga tahun. Sehingga data sampel yang akan diolah yaitu sebanyak 72 data.
Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda sebagai teknik analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh positif terhadap
nilai perusahaan, dan growth opportunity berpengaruh negatif terhadap nilai
perusahaan.
Kata kunci: ukuran perusahaan, struktur modal, growth opportunity, nilai
perusahaan.
SA-23214 | A23/214 Ani p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain