Text
PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMODERASI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan, dan menguji corporate social responsibility dalam memoderasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan menggambarkan kesejahteraan para pemegang saham.
Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021 berjumlah 32 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 26 perusahaan dengan data yang diteliti sebesar 78 sampel. Metode analisis data menggunakan aplikasi khusus analisis regresi linier berganda yaitu menggunakan moderated regression analysis (MRA).
Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (3) corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (4) corporate social responsibility mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (5) ukuran perusahaan yang dimoderasi oleh corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: profitabilitas, size, nilai perusahaan, csr
SA-23232 | A23/232 Muc p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain