Text
PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA BURGER KING MERR SURABAYA)
Perkembangan industri di bidang jasa makanan saat ini berkembang
sangat pesat, maka semakin tumbuhnya peluang bisnis dalam bidang makanan
dapat menjadi pilihan besar bagi bisnis food and beverage, salah satunya adalah
Burger King.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix 7P
yaitu produk, harga, promosi, lokasi, bukti fisik, orang, dan proses terhadap
kepuasan konsumen pada Burger King Merr Surabaya. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini adalah simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh konsumen di Burger King Merr Surabaya dengan jumlah sampel
sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini analisa yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk, harga, promosi, bukti
fisik, dan orang (pegawai) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan
konsumen, artinya meningkat dan menurunnya produk, harga, promosi, kinerja
pegawai, dan baik tidaknya bukti fisik yang ada akan mempengaruhi kepuasan
konsumen. Sedangkan lokasi dan proses tidak berpengaruh secara signifikan dan
negatif terhadap kepuasan konsumen, artinya kemudahan atau kesulitan akses
lokasi dan cepat lambatnya proses yang diberikan tidak berpengaruh terhadap
kepuasan konsumen. Untuk meningkatkan kepuasan konsumen, pihak Burger
King dapat melakukan perubahan dan inovasi yang baik pada sektor produk,
harga, promosi, bukti fisik dan orang (pegawai) karena faktor tersebut terbukti
memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kata Kunci: Marketing Mix 7P, Kepuasan Konsumen
SM-23214 | M23/214 Ain p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain