Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, SALES GROWTH, RETURN ON ASSET DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan yang diproksikan dengan total aset (SIZE), Sales growth yang diproksikan dengan (GROWTH), Return on asset diproksikan dengan (ROA), dan Leverage diproksi menggunakan Debt Equity Rasio (DER) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2021.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2021. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan oleh peneliti, sehingga diperoleh sebanyak 17 perusahaan dengan jumlah data sebanyak 68 data penelitian yang dilakukan pengujian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi liniar berganda menggunakan alat bantu aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, Sales Growth tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun hasil Return On Asset berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, Leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2018-2021.
Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Sales Growth, Return On Asset, Leverage, Nilai Perusahaan
SA-23254 | A23/254 Fau p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain