Text
ANALISIS KELANGSUNGAN USAHA BISNIS MAKE UP ARTIST PASCA PANDEMI COVID-19
Pandemi COVID-19 telah menjadi sosok yang menakutkan bagi seluruh orang di dunia. Keadaan ekonomi di Indonesia pun juga terguncang saat pandemi ini melanda, banyak bisnis yang menutup usaha dikarenakan tidak ada mobilitas yang diperbolehkan untuk menghindari penyebaran virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi upaya yang dilakukan informan untuk mempertahankan kelangsungan bisnis make up artist miliknya pasca pandemi COVID-19. Dikarenakan pada usaha ini memerlukan kontak langsung dengan klien, usaha make up artist milik informan milik informan ikut terguncang pasca pandemi COVID-19 melanda.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari seorang make up artist di Surabaya, melalui wawancara dan hasil wawancara tersebut diolah menjadi sebuah narasi yang tepat.
Hasil dari penelitian ini adalah informan melakukan 5 upaya yang beliau gunakan untuk kelangsungan bisnisnya yaitu dengan menurunkan harga jasa, memberikan treatment gratis, membuka kelas make up offline dan online, melakukan promosi di media sosial dan bekerja sama dengan MUA lain. Dengan dilakukannya upaya-upaya ini, informan mampu mempertahankan kelangsungan bisnisnya dan meningkatkan pendapatannya pasca pandemi.
Kata Kunci :COVID-19, Ekonomi, Make Up Artist, Kelangsungan Bisnis
SA-24007 | A24007/Nur a | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Tersedia/Baca di Tempat |
Tidak tersedia versi lain