Text
PENGARUH OPINION SHOPPING, COMPANY GROWTH, DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN DENGAN COMPANY SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh opinion shopping, financial distress, dan company growth terhadap opini audit going concern dengan company size sebagai variabel moderasi. Penerimaan opini audit going concern disebabkan karena adanya keraguan oleh pihak auditor terhadap kelangsungan hidup perusahaan di masa depan.
Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) pada tahun 2020-2022 yang terdiri dari 24 perusahaan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang menghasilkan 72 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis regresi logistik.
Dalam penelitian ini dibuktikan bahwa financial distress berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, sedangkan opinion shopping dan company growth tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Company size yang digunakan sebagai variabel moderasi pada penelitian ini memoderasi hubungan financial distress dan company growth terhadap opini audit going concern, dan company size tidak memoderasi pengaruh opinion shopping terhadap opini audit going concern.
Kata Kunci: Going Concern, Opinion Shopping, Company Growth, Financial
Distress, Company Size
SA-24018 | A24/018 Bag p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Tersedia/Baca di Tempat |
Tidak tersedia versi lain