Text
EFEKTIVITAS E-GOVERNMENT DAN KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN PEFORMANCE ORGANISASI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO
Penelitian ini dilakukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo yang beralamat di Jl. Sultan Agung No.23, Gajah Timur, Magersari, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas E-Government dan kinerja pegawai melalui program Plavon dalam meningkatkan performance organisasi. E-government dapat diukur dengan menggunakan prinsip: (1) pemahaman program, (2) ketepatan sasaran, (3) ketepatan waktu, (4) tercapainya tujuan, dan (5) perubahan nyata. Kinerja pegawai dapat ditinjau dengan prinsip: (1) kualitas pelayanan, (2) produktivitas, (3) responsivitas, (4) responsibilitas, dan (5) akuntabilitas.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif. Dengan metode penelitian tersebut, maka peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi guna memperoleh informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip efektivitas dan kinerja pegawai dalam mengukur keberhasilan E-Government berupa program Plavon telah berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat dan kinerja organisasi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Adapun dampak positif dari efektivitas E-Government tersebut adalah kinerja organisasi yang menjadi lebih lebih cepat, tertata, dan meminimalisir kesalahan dalam menyelesaikan proses administrasi kependudukan. Hal ini pun turut berdampak bagi masyarakat melalui proses pengajuan dokumen yang lebih sederhana dan kemudahan dalam mendapatkan akses layanan administrasi kependudukan.
Kata Kunci: E-Government, Kinerja Pegawai, Performance Organisasi, Pelayanan Publik
SA-24021 | A24/021 Kha e | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Tersedia/Baca di Tempat |
Tidak tersedia versi lain