Text
PENGARUH PLATFORM MEDIA SOSIAL, PENGETAHUAN INVESTASI, PERSEPSI RISIKO, DAN RETURN TERHADAP MINAT GENERASI Z BERINVESTASI DI PASAR MODAL.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh platform media sosial, pengetahuan investasi, persepsi risiko dan return terhadap minat generasi Z berinvestasi di pasar modal.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini merupakan data primer yang diperoleh dari jawaban langsung responden melalui kuisioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya semester 5 keatas yang sudah menempuh mata kuliah analisis investasi manajemen portofolio atau manajemen lembaga keuangan. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 98 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa platform media sosial berpengaruh positif terhadap minat investasi mahasiswa. Pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa. Persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa. Return berpengaruh positif terhadap minat investasi mahasiswa.
Kata Kunci : Platform Media Soial, Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, Return, Minat Investasi.
SA-24025 | A24/025 Ain p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Tersedia/Baca di Tempat |
Tidak tersedia versi lain