Text
PENGARUH LIKUIDITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN RETAIL DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji, dan mengetahui pengaruh likuiditas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan retail yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunkan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 11 perusahaan retail yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Likuiditas diukur menggunakan Current Ratio, ukuran perusahaan diukur menggunakan Firm Size, dan pertumbuhan penjualan diukur menggunakan Sales Growth.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan pertumbuhan penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penurunan atau kenaikan nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh likuiditas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan.
Kata Kunci : Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, dan Nilai Perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain