Text
PENGARUH PROFITABILITAS, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR KOSMETIK DAN BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga di BEI periode 2017-2022. Profitabilitas diukur dengan menggunakan Return On Equity (ROE), pertumbuhan penjualan diukur dengan menggunakan Sales Growth (SG), ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan Firm Size, dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV).
Dalam penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kausal komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan. Populasi yang digunakan adalah perusahaan sub sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga di BEI periode 2017-2022 sejumlah 6 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method maka diperoleh sejumlah 6 perusahaan sebagai sampel yang sesuai kriteria penelitian ini. Analisi data menggunakan analisis linier berganda dan pengeolahan data menggunkan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 26.
Berdasarkan hasil dari uji pada penelitian ini yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis (uji t), menujukkan bahwa profitabilitas (ROE) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), pertumbuhan penjualan (SG) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV), dan ukuran perusahaan (Firm Size) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV)
Kata kunci: profitabilitas, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, nilai perusahaan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain