Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PARIWISATA DAN PERHOTELAN DI BEI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan dan kepemilikan manajerial terhadap struktur modal. Pada penelitian ini ukuran perusahaan penjualan diukur dengan Ln(Total Aset), untuk pertumbuhan penjualan menggunakan (Penjualant – Penjualant-1)/Penjualant-1, untuk kepemilikan manajerial dengan menggunakan saham manajer/jumlah saham beredar dan untuk struktur modal sendiri menggunakan DER.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan pariwisata dan perhotelan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yakni memilih sampel menurut kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling didapat sampel sebanyak 11 perusahaan pariwisata dan perhotelan. Data penelitian diambil selama 5 tahun yaitu 2018-2022, sehingga diperoleh 55 (lima puluh lima) data yang diolah. Teknik pengolahan data menggunakan Regresi Linear Berganda dengan software SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap struktur modal. Sedangkan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap struktur modal.
Kata Kunci : ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial, struktur modal
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain