Text
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK SUNSCREEN AZARINE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word of Mouth terhadap Purchase Intention melalui Trust sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat berusia 17 -30 tahun yang berdomisili di kota Surabaya yang mengetahui produk sunscreen Azarine namun belum pernah membeli produk tersebut dan mengetahui ulasan produk sunscreen Azarine melalui sosial media resmi Azarine.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive sampling dan metode Lemeshow karena jumlah populasi yang tidak diketahui secara pasti, sehingga didapatkan sejumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Teknik analisis data yang digunakan yaitu outer model, inner model, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Social Media Marketing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Purchase Intention, Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention, Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui Trust sebagai variabel intervening, dan Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui Trust sebagai variabel intervening.
Kata kunci : Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth, Trust, Purchase Intention
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain