Text
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN PERSONAL CARE PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan pertumbuhan pejualan terhadap struktur modal. Ukuran perusahaan diukur dengan firm size, profitabilitas diukur dengan return on equity, dan pertumbuhan penjualan diukur dengan sales growth.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan Personal Care Product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan metode purposive sampling didapatkan sampel 7 perusahaan Personal Care Product. Data penelitian diambil selama 4 (empat) tahun, yaitu 2019-2022. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, profitabilitas positif dan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, sedangkan pertumbuhan penjualan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal.
Kata kunci: ukuran perusahaan, profitabilitas, pertumbuhan penjualan, struktur modal.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain