Text
PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI PEMASARAN DIGITAL UMKM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran dengan Pemasaran Digital sebagai variabel intervening pada UMKM di Kota Surabaya.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh pelaku usaha UMKM di Kota Surabaya dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Non-Probability Sampling yang ditentukan jumlah sampel yang akan diteliti yaitu sejumlah 105 responden penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu aplikasi SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM di Kota Surabaya, Orientasi Pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemasaran digital pada UMKM di Kota Surabaya, Pemasaran Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM di Kota Surabaya, dan Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui pemasaran digital pada UMKM di Kota Surabaya.
Kata Kunci : Orientasi Pasar, Kinerja Pemasaran, Pemasaran Digital
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain