Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN E-SERVERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHOPE MELALUI BRAND IMAGE
Pelayanan berbasis internet menjadi salah satu cara perusahaan untuk memasarkan produknya. Produk saat ini tidak dijual melalui toko konvensional namun saat ini sudah merambah dunia internet untuk memperluas pangsa pasar. Perusahaan juga menggunakan celebrity sebagai cara untuk menarik pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung celebrity endorser dan e-service quality terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee dengan brand image sebagai variabel mediasi.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pengguna aplikasi Shopee. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 dengan menguji diagram jalur, uji outer model, uji inner model, dan uji hipotesis.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara celebrity endorser dan e-service quality terhadap keputusan pembelian. Brand image menjadi variabel mediasi yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian. Hal lebih lanjut akan dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Celebrity Endorser, E-Service Quality, Brand Image, Keputusan Pembelian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain