Text
PENGARUH MODAL KERJA, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Modal kerja diukur menggunakan asset lancar dibagi kewajiban lancar, profitabilitas diukur dengan Return On Equity (ROE), pertumbuhan penjualan diukur menggunakan rasio pertumubuhan penjualan periode sekarang dengan periode sebelunya, sedangkan CSR diukur menggunakan pengungkapan pada setiap masing2 perusahaan dibagi dengan total item pengungkapan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Proses pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria yang ditentukan. Sehingga didapatkan sampel sebanyak 17 perusahaan. Data yang diambil yakni periode tahun 2019 – 2022. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda dengan menggunaka program SPSS versi 27.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap CSR. Ketiga variabel independen tersebut yakni modal kerja, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh secara langsung terhadap pengungkapan CSR karena variabel tersebut memiliki fokus yang berbeda didalam perusahaan. Perusahaan akan tetap mengungkapkan tanggung jawab sosial, lingkungan, dan ekonomi nya karena penting untuk membangun reputasi, citra perusahaan, memenangkan kepercayaan pelanggan, dan menjaga keberlanjutan jangka panjang.
SA-24092 | A24/092 Fik p | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia - Tersedia/Baca di Tempat |
Tidak tersedia versi lain