Text
"PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CITRA PASAR TRADISIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIASI WORD OF MOUTH (Studi Pasar Tradisional Genteng Surabaya)"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh secara langsung digital marketing terhadap keputusan pembelian, citra pasar tradisional terhadap keputusan pembelian, digital marketing terhadap word of mouth, citra pasar tradisional terhadap word of mouth, dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Selain itu, penelitian juga bertujusan untuk menguji pengaruh secara tidak langsung digital marketing terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth dan citra pasar tradisional terhadap keputusan pembelian word of mouth.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini penduduk kota Surabaya yang pernah berbelanja di Pasar Tradisional Genteng Surabaya dengan minimal pembelian produk di pasar tradisional Genteng Surabaya sebanyak 1-2 kali. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunkan rumus lemeshow karena populasi tidak diketahui dengan hasil sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan. Sumber data diperoleh melalui data primer sehingga teknik pengumpulan data menggunakan selebaran kertas. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS versi 3.0.
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan m,enunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra pasar tradisional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, citra pasar tradisional berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth serta word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth. Selanjutnya citra pasar tradisional berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth.
Kata kunci : Digital marketing, Citra pasar tradisional, Word of mouth, Keputusan pembelian
SM-24132 | M24/132 Alv p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain