Text
"PENGARUH FASHION INFLUENCER, RISIKO KESEHATAN DAN BRAND TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS THRIFT PADA GENERASI Z DI SURABAYA"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fashion influencer, risiko kesehatan dan brand terhadap keputusan pembelian pakaian bekas thrift pada generasi Z di Kota Surabaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu generasi Z di Surabaya yang pernah melakukan pembelian produk thrift baik online maupun offline dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Data penelitian bersumber data primer melalui penyebaran kuisioner dengan menggunakan bantuan Google form. Berdasarkan hasil analisis regeresi linear berganda diketahui bahwa fashion influencer berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian karena konsumen tidak mendapatkan informasi secara keseluruhan namun hanya mengunjungi berbagai akun sosial media fashion influencer untuk mendapatkan referensi yang sesuai dengan selera konsumen. Risiko Kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian karena dengan kekhawatiran tentang produk cacat, konsumen lebih memilih berbelanja produk di sebuah toko thrift yang pada saat ini sudah berkembang dan meningkatkan kualitas pada produknya. Produk yang dijual di toko tampak seperti baru dan higenis sehingga kondisi produk tersebut membuat konsumen tertarik berbelanja tanpa khawatir tentang risiko. Brand berpengaruh positif dan signifikan karena konsumen generasi Z yang banyak diisi oleh mahasiswa ingin tampil ekspresif sesuai dengan mood dan karakter diri dengan melalui cara berpakaian, namun dengan kondisi ekonomi mahasiswa yang tidak selalu stabil maka mahasiswa lebih memilih produk thrift dengan berbagai macam brand yang berkualitas dan cocok dengan kantong mahasiswa.
Kata kunci: fashion influencer, risiko kesehatan, brand, keputusan pembelian
SM-24137 | M24/137 Kev p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain