Text
PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan diperkuat oleh pengungkapan corporate social responsibility. Profitabilitas diukur dengan Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), sedangkan nilai perusahaan diukur dengan PBV dan pengungkapan corporate social responsibility diukur dengan pemberian skor pada item corporate social responsibility yang diungkapkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penilitan ini diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 45 sampel dari 15 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2017-2019. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa NPM berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, sedangkan ROA dan ROE tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. CSR dapat memperkuat pengaruh NPM terhadap nilai perusahaan, sedangkan CSR tidak dapat memperkuat pengaruh ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan.
Kata Kunci: Profitabilitas, Net Profit Margin, Return On Assets, Return On Equity, Nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility
SA-22369 | A22/369 Irn p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain