Text
PENGARUH FAKTOR SOSIAL,BUDAYA, DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT. PEGADAIAN PERSERO CAB. KEDIRI
Beberapa orang kesulitan mendapatkan uang tunai. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan yang dapat memenuhi kebutuhan finansial tanpa kehilangan barang-barang berharga, masyarakat biasa dapat menggadaikan barang-barang mereka dengan lembaga keuangan atau bank. Barang yang diasuransikan dapat ditebus pada waktu tertentu setelah masyarakat melunasi pinjamannya, disebut Gadai.
Populasi pada penelitian ini adalah nasabah PT. Pegadaian Persero cab. Kediri yang jumlah respondennya sebesar 99 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subjek dengan menggunakan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan bahwa vaiabel faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Pegadaian Persero cab. Kediri, artinya hasil penelitian menunjukkan masyarakat tidak terpengaruh oleh faktor sosial seperti saran teman, keluarga, lingkungan tempat tinggal, atau lingkungan kerja. Faktor budaya tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Pegadaian Persero cab. Kediri, artinya hasil penelitian menunjukkan masyarakat tidak terpengaruh oleh faktor budaya seperti kepercayaan masyarakat terhadap PT. Pegadaian Persero cab. Kediri, seringnya anjuran dari masyarakat yang sudah menjadi nasabah PT. Pegadaian Persero cab. Kediri. faktor pribadi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah PT. Pegadaian Persero cab. Kediri, artinya hasil penelitian menunjukkan masyarakat terpengaruh oleh faktor pribadi seperti karena adanya kebutuhan pribadi, adanya kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan, adanya kebutuhan yang berhubungan dengan usaha. Saran kepada PT. Pegadaian Persero cab. Kediri dikarenaan pada penelitian ini faktor sosial dan budaya tidak berpengaruh signifikan maka lebih ditingkatkan untuk sosialisasi dan promosi produk dan karena faktor pribadi berpengaruh signifikan maka harus dijaga dan lebih ditingkatkan untuk meningkatkan keputusan pembelian masyarakat.
Kata Kunci : Faktor Sosial, Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian
SM-22278 | M22/278 Fan p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain