Text
PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, NILAI PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN SEKTOR OTOMOTIF
Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang diguankan dalam pengambilan sample yaitu menggunakan teknik purposive sampling terhadap 12 kata perusahaan sektor otomotif yang terdiri 60 observasi laporan keuangan periode 2015-2019. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS (Statistic Package for The Social Science) for Windows versi 21. Hasil pengujian dalam penelitian ini bahwa variabel profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen laba, sedangkan variabel leverage dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Fluktuasi laba yang besar menunjukkan risiko yang besar dalam investasi sehingga mempengaruhi kepercayaan investor terhadap perusahaan. Strategi penentuan penghasilan yang efisien terkait manajemen laba adalah salah satu insentif yang digunakan oleh manajer untuk meningkatkan kinerja mereka dalam memenuhi harapan pemegang saham.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan dan Manajemen Laba
SA-21320 | A21/320 Riz p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain