Text
IMPLEMENTASI BALANCED SCORECARD SEBAGAI INSTRUMEN PELAKSANAAN STRATEGI DI KOPERASI WARGA SEMEN GRESIK
Perkembangan di bidang ekonomi dari era agraria menuju ke era industri dan sekarang beralih menjadi era informasi dan teknologi, memaksa para pelaku bisnis lebih mengedepankan kepemilikan terhadap asset tak berwujud dengan karakteristik ilmu pengetahuan. Kondisi yang seperti itu membuat para pelaku usaha untuk lebih peduli terhadap strategi yang dijalankan, sehingga dalam merumuskan strategi harus dengan tepat dan dapat menjadikan perusahaan yang memilki keunggulan, kompetitif, dan berkelanjutan.
Dengan adanya sistem yang berbasis knowledge management, inovasi dan penggunaan teknologi sangat diperlukan karena knowledge management merupakan usaha untuk meningkatkan pengetahuan yang berguna dalam organisasi. Strategi merupakan pola pengarahan seluruh sumberdaya untuk mewujudkan visi organisasi melalui misi. Oleh sebab itu, dengan adanya pemanfaatan sistem yang berbasis knowledge management dalam merumuskan dan melaksanakan suatu strategi agar tepat dan berjalan dengan baik serta dapat memberikan nilai dan daya saing, perusahaan perlu menerapkan balanced scorecard sebagai instrumennya. Balanced scorecard merupakan suatu sarana yang tepat dalam merumuskan, melaksanakan dan mengevaluasi suatu strategi karena didalamnya mempertimbangkan keseimbangan pada keempat perspektif yang saling memiliki hubungan sebab akibat, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan suatu strategi agar tepat dan berjalan dengan baik dengan menerapkan balanced scorecard sebagai instrumennya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Koperasi Warga Semen Gresik, balanced scorecard sangat berperan dalam pelaksanaan strategi yang dijalankan karena di setiap perspektif balanced scorecard indikator dari strategi dapat diterjemahkan dan dimanfaatkan dengan baik sehingga memberikan keuntungan bagi perusahaan berupa target yang terpenuhi.
Kata kunci: Knowledge management, strategi, balanced scorecard.
1S121498 | A-12/498 Buy i c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain