Text
PENGUKURAN KINERJA PADA PUSKESMAS RANGKAH SURABAYA DI TINJAU DARI PERSPEKTIF NON KEUANGAN
Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja dan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan pemerintah yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Puskesmas perlu meningkatkan kinerjanya agar dapat berkembang. Pada penyusunan tugas akhir ini dilakukan perancangan penilaian terhadap kinerja Puskesmas dengan menggunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat.
Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 Juni 2012 sampai dengan 30 Juni 2012, dengan menggunakan obyek penelitian pasien pada Puskesmas Rangkah Surabaya dengan mencari Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 tahun 2004 diperoleh hasil 74,25 yang merupakan kategori kriteria mutu pelayanan dan kinerja pelayanan di bidang kesehatan (Puskesmas Rangkah Surabaya) dengan hasil yang baik.
Dari pembahasan diatas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa perlunya Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah sebagai pengukuran kinerja pelayanan khususnya organisasi sektor publik dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.
Kata Kunci: Puskesmas, Pelayanan dan Indeks Kepuasan Masyarakat
1S121367 | A-12/367 Sut p c.1 | Perpustakaan Pusat - R. Koleksi Khusus Lt.2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain