Text
PENGARUH LIFESTYLE, SELF CONCEPT DAN RESPON ADVERTISING TERHADAP BRAND PREFERENCE PRODUK PONDS GOLD RADIANCE DI PT. UNILEVER INDONESIA, TBK SURABAYA
Intisari
Preferensi merek adalah tahap dimana konsumen menginginkan merek
yang spesifik. Konsumen cenderung menyukai merek-merek tertentu yang
mengekspresikan diriya baik secara karakter individu (gaya hidup atau konsep
diri) hingga iklan yang ditampilkan. Iklan merupakan cara yang efektif guna
menyebarkan pesan baik untuk membangun preferensi merek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
baik secara simultan maupun parsial variabel lifestyle, self concept dan respon
advertising terhadap brand preference pada produk Ponds Gold Radiance untuk
anti aging di Surabaya. Sedangkan teknik analisa yang digunakan adalah analisa
regresi linier berganda guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel lifestyle,
self concept dan respon advertising terhadap brand preference pada produk Ponds
Gold Radiance untuk anti aging di Surabaya.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan variabel bebas yang terdiri
dari lifestyle, self concept serta respon advertising secara bersama-sama
mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand preference pada produk Ponds
Gold Radiance untuk anti aging yang diindikasikan dengan perolehan nilai
signifikansi masih dibawah a = 5 %. Hasil ini diperkuat dengan perolehan
koefisien determinasi sebesar 60,4% yang menunjukkan sumbangan atau
kontribusi dari variabel lifestyle, self concept serta respon advertising secara
bersama-sama terhadap brand preference pada produk Ponds Gold Radiance
untuk anti aging adalah besar.
Hasil pengujian secara parsial menunjukkan variabel bebas yang terdiri
dari lifestyle, self concept serta respon advertising masing-masing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap brand preference pada produk Ponds Gold
Radiance untuk anti aging. Hal tersebut dapat diindikasikan dengan tingkat
signifikansi masing-masing variabel tersebut tidak melebihi a = 5%.
Hasil pengujian koefisien determinasi parsial menunjukkan variabel self
concept memiliki nilai koefisien determinasi yang tertinggi. Hal ini
mengindikasikan bahwa variabel tersebut memiliki pengaruh yang dominan
terhadap brand preference pada produk Ponds Gold Radiance untuk anti aging.
Kata Kunci Lifestyle, Self Concept serta Respon Advertising, Brand Preference
1S122233 | M-12/233 Ari p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain