Text
PERANAN ELECTRONIC DATA PROCESSING DALAM PROSES TRANSAKSI ATM UNTUK MENDUKUNG PELAYANAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
Intisari
Electronic Data Processing (EDP) adalah pemanfaatan teknologi komputer untuk melakukan pengolahan data yang berorientasi pada transaksi dalam suatu organisasi. Dalam perbankan sistem pengolahan data berbasis komputer digunakan untuk mencatat transaksi ke dalam jurnal baik transaksi perbankan tunai maupun non tunai antara pihak bank dan nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peranan Electronic Data Processing transaksi ATM pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Surabaya Mulyosari telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan layanan berbasis Customer Relationship Management. Penelitian ini membahas mengenai proses transaksi ATM yang terjadi pada suatu bank dan sistem pengamanan terhadap ATM maupun sistem komputerisasinya. Dalam hal ini, ATM merupakan sistem pelayanan elektronik yang melaksanakan fungsi teller secara otomatis yang mampu memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan transaksi perbankan
Dalam penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data- data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh kesimpulan memadai tentang peranan EDP pada transaksi ATM dan upaya dalam meningkatkan layanan berbasis CRM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan EDP sangat berpengaruh penting dalam proses transaksi ATM yang berlangsung di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Surabaya Mulyosari. Hal ini ditunjukkan dengan menggunakan sistem BDS-IBS yang memiliki 3 aplikasi dalam pengoperasian perusahaan yaitu BDS-IDS, BDS-ILS, dan BDS-ITS. Pengoperasian ATM dan sistem aplikasi BDS-IBS menggunakan jaringan komunikasi Artajasa sebagai sarana koneksi antar cabang atau kantor pusat. Data hasil transaksi ATM akan secara langsung terhubung secara on-line terhadap aplikasi sistem BDS- IBS perusahaan. Namun dalam meningatkan layanan berbasis Customer Relationship Management saat ini, BRI cenderung menjadi follower dari bank nasional lain karena produk layanan ATM-nya hanya mengikuti apa yang berlaku di pasar.
Kata-kata kunci: EDP, CRM, dan BANK
1S132321 | A-13/321 Cri p c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain