Text
EVALUASI KINERJA PT. PELNI (PERSERO) CABANG SURABAYA DALAM MENCAPAI VISI DAN MISI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kinerja dengan menggunakan balance scorecard pada PT. PELNI (Persero) cabang Surabaya sebagai suatu sistem manajemen strategi yang membantu manajemen perusahaan dalam mencapai visi dan misi perusahaan berdasarkan keempat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada perspektif keuangan dengan menggunakan indikator Net Profit Margin, Return On Assets, Current Ratio, dan Revenue Growht Rate cukup baik meskipun dari hasil perhitungan terjadi penurunan tapi perusahaan mampu memperbaiki kinerjanya sehingga mengalami peningkatan. Hasil perspektif pelanggan dengan menggunakan indikator customer retention dan customer acquisition cukup baik meskipun dalam menarik pelanggan baru pada tahun 2010 mengalami penurunan sebesar - 8,70% dan mengalami peningkatan ditahun 2011 sebesar 4,30% ini dikarenakan adanya persaingan usaha dibidang jasa transportasi. Hasil perspektif proses bisnis internal dengan menggunakan indikator proses inovasi dan proses pelayanan sangat baik dikarenakan PT. PELNI mampu memanfaatkan peluang dengan membuat inovasi-inovasi baru. Hasil perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan indikator employee retention dan employee satisfaction cukup buruk tetapi perusahaan akan berusaha lebih untuk memotivasi karyawan sehingga mampu meningkatkan loyalitas dan moralitas karyawan.
Dari kesimpulan diatas diharapkan evaluasi kinerja dengan balance scorecard dapat digunakan sebagai acuan manajemen untuk memperbaiki kinerja berdasarkan visi dan misi PT. PELNI (Persero) cabang Surabaya.
Kata kunci : evaluasi kinerja, balance scorecard, visi dan misi.
1S121402 | A-12/402 Pra e c.1 | Perpustakaan Pusat - Lantai 2 | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tandon/Tidak dipinjamkan |
Tidak tersedia versi lain